Relief Tembaga dan Kuningan
 
kerajinan tembaga dan kuningan | relief | by: Jaya Indah Logam


                Relief merupakan gambar timbul yang biasanya terdapat pada dinding bangunan. Macam-macam bahan pembuatan reliefpun banyak seperti kayu yaitu berupa ukiran, batu, tembaga, kuningan dan lain-lain. Kali ini saya khusus akan membahas relief tembaga dan kuningan.
relief  tembaga
                Seperti yang kita ketahui karya seni dari bahan tembaga dan kuningan itu sangat identik dengan karya seni kelas tinggi dan harganya cukup mahal. Jumlah senimannyapun tidak sebanyak seniman lukis dan seni ukir kayu. Karena memang bahan bakunya yang tidak mudah diperoleh dan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatannya.
                Relief tembaga dan kuningan merupakan jenis kesenian relief yang menggunakan tembaga dan kuningan sebagai bahan bakunya. Biasanya untuk relief tembaga atau kuningan digunakan untuk hiasan dinding atau sebagai sekat pembatas ruangan. Ada berbagai macam model relief tembaga atau kuningan seperti simetris, geometris, dan juga batik. Semua memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu, berikut sajian pembahasan menarik mengenai relief tembaga dan kuningan:

1.      Bahan baku apa yang cocok untuk relief di rumah anda?
Seiring dengan berkembangan dunia desain, para desainer semakin kreatif dalam mencurahkan jiwa seninya ke suatu media. Berdasarkan hal tersebut, para penrajin relief juga semakin mengembangkan kualitas kerajinanya mulai dari motif, bentuk dan bahan baku pembuatanya. Dalam hal ini pembahasan akan menekan pada bahan baku agar anda mempunyai gambaran yang jelas untuk relief yang akan anda gunakan pada rumah anda. Yang paling diminati saat ini adalah relief tembaga dan kuningan. Relief ini sangat indah bila dipasang untuk penghias rumah anda. Selain itu, juga memiliki nilai seni yang tinggi. Cocok untuk anda yang berjiwa seni dan mengagumi keindahan.
Bahan baku tembaga dan kuningan sudah terkenal kuat dan tahan lama. Jadi anda tidak perlu kawatir jika anak anda sewaktu-waktu menyentuhnya.  Selain itu, bahan tembaga dan kuningan juga aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun dan  jenis ini merupakan seni ukir yang mengikuti selera pasar dari tahun ke tahun. Nilai seni yang tinggi dan mengandung kesan filosofi pada setiap produk kerajinan relief tembaga dan kuningan yang kami hasilkan akan membawa anda pada kehidupan modern yang elegan, sangat nyaman untuk digunakan.

2.      Alasan mengapa kerajinan relief tembaga dan kuningan sangat cocok untuk anda
a.        Bahan tembaga dan kuningan memiliki nilai seni yang tinggi apabila telah diukir dan diberi sentuhan-sentuhan oleh tangan–tangan terampil. Selain itu, bahan ini sangat kuat dan tahan lama serta anti dengan cuaca apapun. Tentunya relief tembaga dan kuningan ini cocok untuk anda koleksi.
b.       Bahan tembaga dan kuningan dapat menghasilkan ukiran yang sangat baik karena anti karat, anti hama dari rayap tidak seperti bahan lainnya yang mudah rusak. Bahan ini juga mudah untuk dibersihkan jika terkena kotoran. Jadi relief tembaga dan kuningan ini cocok untuk anda yang memiliki kegiatan yang padat dan belum sempat mengurusi semua koleksi anda.
c.        Desain relief tembaga dan kuningan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda dan juga sangat  cocok untuk anda yang perfeksionis. Dengan tampilan yang unik, eksklusif dan bernilai seni tinggi membuat rumah anda semakin mewah dan juga dapat menambah kesan elegan dalam hidup anda.
d.       Pengerjaan relief tembaga dan kuningan harus orang-orang yang memiliki pengalaman, karena selain memerlukan waktu yang lama juga memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Tangan–tangan yang ahli inilah yang secara teliti dan apik dengan pewarna yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan memproduksi berbagai macam relief. Jadi, anda wajib memasukan hasil kreasi ini dalam list buruan anda.
e.        Harganya juga cocok untuk anda,tidak terlalu mahal namun memberikan kualitas yang bagus.
 
3.      Perbedaan relief yang berbahan tembaga dan yang berbahan kuningan
Sebelum anda membeli relief tembaga dan kuningan rasanya penting bagi anda mengetahui perbedaannya. Berikut perbedaan relief yang berbahan tembaga dan yang berbahan kuningan:
a.       Relief berbahan tembaga warnanya cenderung kemerah-merahan sedangkan relief berbahan kuningan warnanya kuning keemasan. Namun, perlu diingat ini ketika pengrajin menggunakan warna dasar bahannya.
b.       Untuk harga bahan bakunya sebenarnya tembaga lebih mahal dibandingkan kuningan, bahkan hampir dua kali lipat dari harga kuningan. Namun, bila sudah dalam bentuk kerajinan jadi harganya relatif sama. Hal ini karena tingkat pengolahan kuningan lebih sulit daripada tembaga. Jadi, bagi anda pecinta relief tembaga dan kuningan tidak perlu kawatir tentang harganya.
c.       Pada beberapa jenis relief tembaga dan kuningan menggunakan bahan pewarna untuk melapisi permukaan relief. Nah, pada keadaan seperti ini mungkin agak sulit membedakannya mana yang terbuat dari tembaga dan mana yang terbuat dari kuningan. Namun, demikian masih ada perbedaan diantara keduanya yaitu pada warnanya. Warna asli tembaga ataupun kuningan sangat dominan apabila pelapisnya tidak terlalu tebal, maka dengan sedikit pengmatan akan terlihat mana yang tembaga dan mana yang kuningan.
 
Bagi anda yang ingin memiliki salah satu kerajinan relief tembaga dan kuningan. Saran saya adalah cermati barang yang anda pilih jangan sampai keliru dengan produk yang berbahan baku lainnya..
 
Judul                     :  Relief tembaga dan kuningan
Deskripsi            : Relief tembaga dan kuningan merupakan jenis kesenian relief yang menggunakan tembaga dan kuningan sebagai bahan bakunya dan memiliki nilai seni yang luar biasa.
Keyword             :  Relief tembaga dan kuningan