Kaligrafi Kuningan

pusat kerajinan tembaga kuningan
kaligrafi kuningan untuk replika pintu nabawi dari kuningan

kaligrafi kuningan tembaga
kaligrafi kuningan untuk replika pintu nabawi dari kuningan

Kaligrafi Kuningan adalah ukiran-ukiran ayat-ayat Al-Qur’an yang dibuat dari bahan dasar kuningan. Dalam pembuatan kaligrafi kuningan, dilakukan dengan sangat teliti. Hal itu dikarenakan tidak boleh ada kesalahan pengukiran ayat-ayat suci Al-Qur’an dalam pembuatan kaligrafi tersebut. Kaligrafi Kuningan ini sangat mengesankan bila dipajang di ruang tamu rumah anda.
Selain menimbulkan kesan mewah, kaligrafi ini juga bermanfaat membuat rumah anda terasa lebih adem dan sangat nyaman untuk ditempati. Produk kaligrafi kuningan ini menggunakan bahan-bahan dasar yang berkualitas terbaik, sehingga produk-produk yang dihasilkanpun memiliki  nilai ekonomi export ke luar negeri. Hal ini karena kaligrfi ini dibuat dari bahan kuningan terbaik dan diolah menjadi kaligrafi yang elegan, simple, dan menarik.
Karena kaligrafi kuningan berwarna kuning keemasan, maka jika dipajang atau ditempatkan di ruang tamu rumah anda, serta diberi bingkai yang dilengkapi lampu LED mini akan terlihat berkilau memukau yang akan menambah nilai daya tarik tersendiri untuk dilihat. Beberapa hal yang harus dilakukan dalam memilih atau membeli kaligrafi kuningan agar tidak tertipu dengan bahan yang berkualitas rendah.
Hal pertama dalam pemilihan kaligrafi dari kuningan adalah mencermati setiap detail kerajinan yang anda akan beli adalah dengan melihat model, finishing yang halus, dan tidak kasar. Amati setiap sisi lekukan, sudut atau bentuk, produk terbaik memiliki finishing yang halus dan tanpa cacat. Setelah mencermati dari segi material bahan, lekukan, sudut, model dan finishingnya, perhatikan hasil pewarnaan produk haruslah matang dan sempurna. Karena hal ini menentukan usia/ketahanan warna dari produk kaligrafikuningan tersebut.
Ada beberapa step pembuatan kaligrafi kuningan. Step pertama adalah pemilihan bahan, dalam pemilihan bahan plat kuningan terbaik memiliki kadar timah paling rendah. Itu berguna untuk memudahkan proses penggoresan. Step kedua adalah desain/rancangan awal, dijaman sekarang sudah banyak menggunakan desain melalui software coreldraw, tapi tidak jarang para pengrajin masih mengadopsi manual seperti penulisan atau pengukiran langsung.
Step ketiga adalah penduplikatan dari desain ke dalam ukuran yang kita inginkan proses ini untuk yang sebelumnya menggunakan desaign dari coreldraw. Tahap/step keempat saat pembuatan kaligrafy kuningan adalah penggoresan, penggoresan yang dilakukan menjadi penentu bentuk atau dari hasil yang diinginkan nanti. Dalam penggoresan ini dilakukan dengan sangat teliti karena tidak boleh ada kekeliruan dalam penulisan  ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dan yang terakhir adalah finishing atau proses akhir yaitu memberikan cairan pada plat dengan cairan pembersih yang telah dibuat tadi dan memberikan cairan pengkilap.
Jika bahan baku yang digunakan bahan baku yang keras maka kuningan akan rusak. Sebaiknya menggunakan bahan baku yang lunak berkadar timah rendah. Setelah semua step dan proses selesai maka kaligrafi kuningan siap difigura. Figura sendiri juga banyak jenisnya, pakailah figura yang sudah dilengkapi dengan lampu LED mini supaya cahaya dari lampu tersebut dapat dipantulkan kuningan sehingga akan memberi kesan atau terlihat elegan dan menenangkan.

META
Judul                     : Kaligrafi Kuningan
Deskripsi            : Kaligrafi Kuningan adalah ukiran-ukiran ayat-ayat Al-Qur’an yang dibuat dari bahan dasar kuningan. Dalam pembuatan Kaligrafi Kuningan, dilakukan dengan sangat teliti dan dilakukan dengan beberapa step pembuatan kaligrafi kuningan
Keyword             : Kalingrafi Kuningan